PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

OKTAPITRI, NETTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 128 Haurpancuh Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan Eksperimen Semu ( quasi experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Tes terdiri dari pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah soal uraian. Objek yang digunakan adalah kelas IV SD dimana kelas IV C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall dan kelas IV D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah mendapatkan data, maka peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis dengan bantuan software SPSS 26 for windows dan menghitung effect size. Hasil uji T yang didapatkan yaitu 0,000. Berdasarkan ketentuan yang berlaku hasil uji 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal ini juga didukung dengan hasil rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 80,67 dan rata-rata posttest kelas kontrol yaitu sebesar 60,83. Hasil perhitungan uji effect size sebesar 2,12 dengan interpretasi effect besar. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan efektifitas model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar berkategori besar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:27
Last Modified: 28 Jul 2023 08:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64425

Actions (login required)

View Item View Item