YULIANTI, AMALIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (539kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Canva terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan desain penelitian yaitu kuasi eksperimen (quasi exsperimental design). Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VA yang berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan yaitu tes menggunakan Pre-test dan Post-test yang dijadikan sebagai data hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen, rata-rata skor Pretest peserta didik yaitu 50,75 dan rata-rata skor post test peserta didik yaitu 84,87. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata skor pretest pada peserta didik yaitu 43,32, dan rata-rata skor post test peserta didik yaitu 70,95. Hasil uji perhitungan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa nilai post test lebih besar dibandingkan dengan nilai pretest, artinya yaitu hasil belajar peserta didik terdapat peningkatan. Peneliti menggunakan uji independent sampel t test untuk mencari pengaruh penggunan media pembelajaran berbasis Canva terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Diketahui nilai t hitung sebesar 7,851 > 2,069 mempunyai sig sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh secara signifikan pada hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan yang ditentukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa terhadap pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Canva terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 08:23 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 08:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64424 |
Actions (login required)
View Item |