PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN RUANG SISI DATAR E-LEARNING GOOGLE SITE BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP BINA TARUNA BOJONGSOANG

Aziz, Muhammad (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN RUANG SISI DATAR E-LEARNING GOOGLE SITE BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP BINA TARUNA BOJONGSOANG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Tesis_MPM_Muhammad Aziz_198060018.docx

Download (168kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu kemampuan yang penting dan mendasar dalam matematika, karena kemampuan pemecahan masalah dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMP Bina Taruna dapat dikatakan tergolong rendah, hal ini dilihat dari pengamatan selama proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah motivasi belajar. Pendidik sebagai penyelenggara pembelajaran menggunakan bahan ajar e-learning google site pada materi bangun ruang sisi datar untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Model yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Populasi pada penelitian ini adalah SMP Bina Taruna Bojongsoang dengan populasi peserta didik kelas VIII sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; bahan ajar e-learning google site pada materi bangun ruang sisi datar memiliki kriteria layak dengan predikat baik; efektivitas bahan ajar e-learning google site pada materi bangun ruang sisi datar memiliki efek yang sangat besar; motivasi belajar peserta didik yang telah menerima perlakuan memiliki motivasi belajar yang kuat; dan terdapat korelasi dengan hubungan yang kuat terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar peserta didik. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis; Bahan ajar bangun ruang sisi datar; E-learning google site; Motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:52
Last Modified: 21 Jul 2023 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64318

Actions (login required)

View Item View Item