PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMTIS SISWA SMA PASUNDAN 2 CIMAHI

Nurdina, Tini (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMTIS SISWA SMA PASUNDAN 2 CIMAHI. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Template Jurnal PJME New-komunikasi matematis.docx

Download (1MB)
[img] Text
Template Jurnal PJME New-berfikir kritis.docx

Download (292kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran blended learning terhadap pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah atas merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menggunakan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Terdapat dua kelompok sampel dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen sebanyak 28 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 28 siswa. Sampel dipilih secara acak kelas dari siswa SMA Pasundan 2 Cimahi. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan model blended learning dan kelompok kontrol memperoleh model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian dan pilihan ganda kemampuan komunikasi matematis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan perbedaan dua rata-rata. Data N-gain digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Bedasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : pertama, pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh blended learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Dan kedua, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh blended learning secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Kata Kunci: Komunikasi matematis, blended learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:56
Last Modified: 17 Jul 2023 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64303

Actions (login required)

View Item View Item