Peningkatan Efektifitas Implementasi ERP Ditinjau Dari Manajemen Perubahan Aspek Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Di PT Aero)

Ikhram, Faisal (2023) Peningkatan Efektifitas Implementasi ERP Ditinjau Dari Manajemen Perubahan Aspek Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Di PT Aero). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Ekono Insentif.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Jurnal-FI-ManPerubahanERP-ADKAR-.docx

Download (1MB)

Abstract

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah perangkat lunak sistem informasi terintegrasi yang telah digunakan oleh banyak perusahaan di seluruh dunia namun menurut penelitian 70% implementasi ERP mengalami kegagalan. Implementasi ERP berarti melakukan inisiatif perubahan. Perubahan biasanya menimbulkan resistensi dari karyawan oleh karena itu, diperlukan manajemen perubahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan pendorong dan menghambat peningkatan efektivitas implementasi ERP dari aspek manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan model manajemen perubahan ADKAR dari Jeffrey M. Hiatt (Hiatt, 2006) dan menggunakan Kerangka McKinsey 7S untuk menanamkan nilai-nilai perubahan yang lebih baik dan menjadi budaya dalam organisasi. Dari diskusi kelompok forum dan wawancara mendalam disimpulkan bahwa implementasi ERP di PT AERO kurang efektif karena kurangnya kesadaran karyawan bahwa perubahan telah menjadi prioritas bagi perusahaan. Kata Kunci: Implementasi ERP, Manajemen Perubahan, Model Manajemen Perubahan ADKAR, Kerangka Kerja 7S Mckinsey.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:29
Last Modified: 14 Jul 2023 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64269

Actions (login required)

View Item View Item