PENGARUH ORIENTASI TEKNOLOGI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PEMASARAN DIGITAL PADA UNIVERSITAS SWASTA DI WILAYAH BANDUNG METROPOLITAN

Tri Yuli Yanto, Rachmat and Jusup Sp, Eddy and Juju, Undang (2023) PENGARUH ORIENTASI TEKNOLOGI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PEMASARAN DIGITAL PADA UNIVERSITAS SWASTA DI WILAYAH BANDUNG METROPOLITAN. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
RTY_ARTIKEL REPOSITORI_5.docx

Download (502kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 mempengaruhi semua aspek kehidupan dan ekonomi termasuk pendidikan tinggi, terutama di universitas swasta. Selama masa pemulihan dan adaptasi terhadap kebiasaan normal baru pascapandemi, tantangan baru juga muncul dari perubahan mendasar dalam pola konsumen, terutama di antara kelompok Gen Z. Generasi Z yang sangat peduli dengan teknologi, adalah kelompok mahasiswa dan calon mahasiswa saat ini. Hal tersebut membutuhkan pendekatan yang berbeda dalam hal pemasaran dan layanan akademik yang mengacu pada unsur teknologi sebagai unsur utamanya. Salah satu pendekatan konseptual baru yang digunakan oleh pihak manajemen adalah pemasaran teknopreneurial dalam upaya peningkatan inovasi pemasaran digital di universitas swasta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif untuk menentukan kondisi variabel penelitian dan hubungan antara variabel eksogen dan variabel endogen yang diteliti. Penelitian menggunakan metode pengambilan sampel proportional clustered stratified random sampling untuk memperoleh data yang representatif. Structural Equation Modelling digunakan untuk menganalisis masalah penelitian dengan program analisis SEM LISREL 8.80. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa seluruh kondisi variabel penelitian masih dalam kondisi "cukup baik" dan perlu ditingkatkan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa orientasi teknologi dan orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi pemasaran digital. Diharapkan bahwa wawasan penelitian dapat memberikan beberapa masukan bagi manajemen universitas swasta dalam cara mereka meningkatkan inovasi pemasaran digital. Selain itu, wawasan penelitian juga diharapkan menjadi inspirasi untuk penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan konstruk penelitian baru, terutama dengan keterkaitannya terhadap teknologi dalam proses pemasaran dan peralihan paradigma pemasaran menuju pemasaran hijau yang mengintegrasikan kesadaran lingkungan sebagai elemen utamanya. Kata Kunci: Orientasi Teknologi, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Pemasaran Digital, Techopreneurial Marketing.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:58
Last Modified: 05 Jul 2023 07:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64245

Actions (login required)

View Item View Item