PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA PADA PRESTASI TILAWAH DAN HIFDZIL QURAN (THQ) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) PERSATUAN ISLAM TAROGONG GARUT

NURAENI, YANI (2023) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA PADA PRESTASI TILAWAH DAN HIFDZIL QURAN (THQ) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) PERSATUAN ISLAM TAROGONG GARUT. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Atikel.docx

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh lingkungan sekolah dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar, serta implikasinya terhadap prestasi Tilawah dan Hifdzil Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Persatuan Islam No. 76 Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 112 orang siswa dari empat Kelas V sekolah tersebut. Sampel yang diambil secara jenuh atau semua populasi diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur menggunakan SPSS Ver. 26.0. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sekolah tersebut memiliki lingkungan sekolah yang baik; 2) Guru-guru di sekolah tersebut memiliki kompetensi yang baik; 3) Siswa-siswa di sekolah tersebut memiliki motivasi belajar yang tinggi; 4) Siswa-siswa di sekolah tersebut memiliki prestasi dalam Tilawah dan Hifdzil Quran (THQ) yang baik; 5) Lingkungan sekolah berhubungan dengan kompetensi guru; 6) Secara parsial, lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; 7) Secara parsial, kompetensi guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; 8) Secara simultan, lingkungan sekolah dan kompetensi guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; dan 9) Motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi siswa dalam Tilawah dan Hifdzil Quran (THQ). Kata Kunci: lingkungan sekolah, kompetensi guru, motivasi belajar, prestasi tilawah dan hifdzil Quran Panalungtikan ieu miboga tujuan pikeun ngadéskripsikeun jeung nganalisis pangaruh lingkungan sakola jeung kompeténsi guru kana motivasi diajar, ogé implikasina pikeun ngahontal kamampuhan Tilawah jeung Hifdzil Qur’an (THQ) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Persatuan Islam No. 76 Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Metodé penalungtikan anu dilarapkeun nyaéta kuantitatif kalayan maké pendekatan déskriptif. Populasi dina ieu penalungtikan nyaéta 112 murid ti opat kelas, nyaéta Kelas V ti eta sakola. Sampel anu ditarik ku cara jenuh atau sakabéh populasi ditarik jadi sampel. Téhnik ngumpulkeun data ngaliwatan cara kuesionér, wawancara, jeung observasi. Téhnik analisis data anu dipake nyaéta analisis jalur ngagunakeun SPSS Ver. 26.0. Hasil penalungtikan nunjukkeun: 1) Sakola miboga lingkungan anu nyukupan; 2) Guru-guru di eta sakola miboga kompeténsi anu nyukupan; 3) Murid-murid di eta sakola miboga motivasi diajar anu nyukupan; 4) Murid-murid di eta sakola miboga prestasi dina Tilawah jeung Hifdzil Quran (THQ) anu nyukupan; 5) Lingkungan sakola aya hubungan jeung kompeténsi guru; 6) Sewang-sewangan, lingkungan sakola mangaruhan kana motivasi diajar murid; 7) Sewang-sewangan, kompeténsi guru mangaruhan kana motivasi diajar murid; 8) Lingkungan sakola jeung kompeténsi guru sakaligus mangaruhan kana motivasi diajar murid; jeung 9) Motivasi diajar murid mangaruhan kana prestasina dina Tilawah jeung Hifdzil Quran (THQ). Kecap Konci: lingkungan sakola, kompeténsi guru, motivasi diajar, prestasi tilawah jeung hifdzil Quran

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:20
Last Modified: 26 Jun 2023 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64216

Actions (login required)

View Item View Item