Bahan Ajar Berbasis M-Learning Berorientasi pada Kemampuan Numerasi dan Motivasi Belajar Siswa

Rahmani Rohim, Hasni and Yaniawati, R. Poppy and Pertiwi Hid, R. Panca (2023) Bahan Ajar Berbasis M-Learning Berorientasi pada Kemampuan Numerasi dan Motivasi Belajar Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Cover Jurnal HASNI.docx

Download (101kB)
[img] Text
JURNAL HASNI (198060011).docx

Download (793kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis m-learning berbantuan Google Classroom yang berorientasi pada kemampuan numerasi dan motivasi belajar siswa. Bahan ajar yang dikembangkan dianalisis kelayakan dan efektivitasnya pada kemampuan numerasi dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development yang melibatkan 36 siswa kelas XI SMAN 1 Soreang dengan mengadaptasi model PLOMP. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, observasi, angket, dan tes kemampuan numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar berbasis m-learning pada materi turunan fungsi aljabar termasuk kedalam kategori sangat layak dari penilaian validasi ahli dan respon siswa, (2) Kemampuan numerasi yang menggunakan bahan ajar berbasis m-learning berdasarkan hasil perhitungan effect size termasuk dalam kriteria besar, (3) Motivasi belajar yang menggunakan bahan ajar berbasis m-learning mendapatkan respon positif, (4) Terdapat korelasi antara kemampuan numerasi dengan motivasi belajar siswa. Sehingga bahan ajar dapat digunakan dalam pembelajaran matematika berbasis m-learning. Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Motivasi Belajar, M-Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:57
Last Modified: 22 Jun 2023 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64076

Actions (login required)

View Item View Item