Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Penalaran Matematis dan Self-efficacy Siswa SMP dengan Model Pembelajaran Problem Posing

Agustin Nurbaya, Kiki (2023) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Penalaran Matematis dan Self-efficacy Siswa SMP dengan Model Pembelajaran Problem Posing. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
198060026_Kiki Agustin N_MPM_artikel.docx

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah, penalaran matematis dan Self-efficacy siswa SMP yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem posing dan ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode campuran (mixed method) dengan pengambilan sampel secara acak menurut kelas. Kelas eksprerimen mendapatkan pembelajaran Problem Posing sedangkan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran ekspositori. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama dengan sampelnya diambil dua kelas VIII. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa SMP yang memperoleh pembelajaran Problem Posing dan ekspositori, terdapat perbedaan perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa SMP yang memperoleh pembelajaran Problem Posing dan ekspositori, terdapat Perbedaan pencapaian Self-efficacy siswa SMP yang mendapatkan pembelajaran matematika model pembelajaran Problem posing dan ekspositori, serta terdapat hubungan antara kemampuan pemevahan masalah, penalaran matematis, dan Self-efficacy siswa SMP yang menerima pembelajaran Problem Posing. Model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, penalaran matematis dan Self-efficacy siswa SMP. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Penalaran Matematis, Self-efficacy, Model Pembelajaran Problem Posing.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:33
Last Modified: 21 Jun 2023 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63985

Actions (login required)

View Item View Item