Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar

Yudiawati, Nita (2023) Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
jurnal nita.docx

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang menggunakan metode Problem Based Learning berbasis enomatematika dan siswa yang menggunakan metode konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran (mixed method) tipe The Embedded Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Lembang, dengan sampel kelas VII A dan VII B. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket skala motivasi belajar, wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika baik daripada kemampuan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis etnomatematika, motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning berbasis etnomatematika lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, hasil lain menunjukan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan motivasi belajar. Kata kunci: Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Jun 2023 06:46
Last Modified: 17 Jun 2023 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63944

Actions (login required)

View Item View Item