PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS MOBILE LEARNING MOODLE BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

AGUSTIAN, FARHAN (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS MOBILE LEARNING MOODLE BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Template Jurnal PJME (Farhan Agustian - 198060028).docx

Download (208kB)

Abstract

Riset ini bermaksud guna mengkaji bagaimana pengembangan bahan ajar kontekstual berbasis mobile learning Moodle pada topik barisan dan deret, menganalisis efektivitas bahan ajar akan kemampuan literasi matematika peserta didik dan menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik seusai pemakaian bahan ajar tersebut. Riset ini mempergunakan metode Research & Development (R&D). Fase pengembangan bahan ajar mempergunakan model ADDIE. Peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sukanagara Cianjur tahun akademik 2022-2023 menjadi populasi pada riset ini. Sebanyak dua kelas XI dipilih sebagai sampel secara purposive sampling. Instrumen pengumpul data yang dipergunakan pada riset ini ialah lembar validasi bahan ajar, angket respon peserta didik terhadap bahan ajar, serta tes kemampuan literasi matematika. Hasil dari riset ini ialah bahan ajar kontekstual berbasis mobile learning yang dikembangkan dinyatakan memadai untuk dipergunakan pada kegiatan pembelajaran serta meraih respon yang baik dari peserta didik, bahan ajar mempunyai efektivitas yang tergolong kuat akan kemampuan literasi matematika peserta didik dan peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik yang memakai bahan ajar kontekstual berbasis mobile learning Moodle lebih baik daripada peserta didik yang memakai buku paket. Kata kunci: bahan ajar kontekstual, literasi matematika, mobile learning, Moodle

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:59
Last Modified: 15 Jun 2023 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63920

Actions (login required)

View Item View Item