Perancangan Formula Rencana Strategis Dalam Upaya Meningkatkan Nilai Tambah Organisasi (Studi Kasus Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Santo Yusup) Strategic Plan Formula Design In Efforts To Increase Organizational Added Value (Case Study In Pharmacy Installations Santo Yusup Hospital)

Oktaviani, Mike and Affandi, Azhar and Setiawati, Tita (2023) Perancangan Formula Rencana Strategis Dalam Upaya Meningkatkan Nilai Tambah Organisasi (Studi Kasus Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Santo Yusup) Strategic Plan Formula Design In Efforts To Increase Organizational Added Value (Case Study In Pharmacy Installations Santo Yusup Hospital). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel_Mike Oktaviani.docx

Download (114kB)

Abstract

Pelayanan Kefarmasian yang berkualitas memegang peranan penting dalam pelayanan kesehatan karena akan meningkatkan nilai tambah bagi rumah sakit. Perkembangan teknologi dan perubahan tuntutan dan harapan pelanggan terhadap pelayanan instalasi farmasi yang berkualitas perlu diimbangi dengan rencana strategis dan program kerja yang tepat dan mampu menjawab kebutuhan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal IFRS Santo Yusup, kelayakan pernyataan visi dan misi IFRS Santo Yusup, pilihan strategi dan program kerja untuk meningkatkan nilai tambah RS Santo Yusup. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, berfokus pada studi observasi (Participant Observatory). Kondisi lingkungan internal dan eksternal dianalisis dengan metode SWOT, Matrik IE (Internal-Eksternal), Matrik Grand Strategy dan QSPM. Hasil evaluasi pernyataan visi dan misi IFRS Santo Yusup masih layak untuk digunakan dalam menghadapi tuntutan dan harapan pelanggan terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh instalasi farmasi. Analisa SWOT menunjukan posisi IFRS Santo Yusup pada kuadran 1 dengan strategi agresif dan hasil analisa IE posisi IFRS pada sel IV yang merupakan organisasi yang tumbuh dan berkembang, hasil Matrik grand strategy menunjukan posisi di kuadran 1 dengan strategi pengembangan produk, pengembangan pasar, penetrasi pasar. Hasil QSPM menetapkan urutan pilihan strategis untuk IFRS Santo Yusup untuk meningkatkan nilai tambah RS adalah pengembangan pasar, pengembangan produk dan penetrasi pasar. Program kerja IFRS Santo Yusup untuk meningkatkan nilai tambah RS dibuat menggunakan Balance Scorecard dengan keempat perspektif yang mendukung peningkatan kualitas pelayanan di IFRS Santo Yusup. Kata kunci: rencana strategi IFRS, meningkatkan nilai tambah organisasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:04
Last Modified: 12 Jun 2023 08:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63911

Actions (login required)

View Item View Item