PENDAMPINGAN PENINGKATAN KAPASITAS FASILITATOR DI FORUM PELAJAR SADAR HUKUM SMAN 27 BANDUNG MELALUI PENYUSUNAN MODUL STREET LAW

Hesti Septianita, SH., MH., - and Mohammad Alvi Pratama, SFil, MPhil., - and Synthiana Rachmie, SH, MH, - (2023) PENDAMPINGAN PENINGKATAN KAPASITAS FASILITATOR DI FORUM PELAJAR SADAR HUKUM SMAN 27 BANDUNG MELALUI PENYUSUNAN MODUL STREET LAW. Project Report. FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN, BANDUNG. (Unpublished)

[img] Text
Laporan PKM HESTI ALVI SYNTHIANA 2023.docx

Download (0B)
[img] Text
Laporan PKM HESTI ALVI SYNTHIANA 2023.docx

Download (398kB)

Abstract

Perkembangan dunia secara global menimbulkan konsekuensi dan permasalahan hukum. Sayangnya, masyarakat Indonesia tidak seluruhnya memahami hukum, sedangkan dalam hukum dikenal friksi hukum yang menyatakan menganggap masyarakat mengetahui hukum. Pendidikan hukum masyarakat menjadi sebuah keharusan untuk memberdayakan pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat dengan menciptakan sebuah sistem pembelajaran yang berkelanjutan yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat untuk menghasilkan efek bola salju pendidikan hukum. Salah satu upaya pemberdayaan pengetahuan hukum masyarakat yang sudah banyak dilakukan adalah dengan mengedepankan partisipasi masyarakat dalam proses pemberdayaan pengetahuan hukum itu sendiri, dimana masyarakat menjadi peer facilitator bagi kelompok masyarakat lainnya. Sejak 2013, Fakultas Hukum Universitas Pasundan menjadi pendamping kegiatan pemberdayaan pengetahuan hukum di SMAN 27 Bandung melalui Forum Pelajar Sadar Hukum yang dibentuk sekolah. Pada awalnya kegiatan pendampingan dan pembinaan dilakukan secara langsung dengan menerjunkan mahasiswa-mahasiswa hukum untuk mengajarkan hukum kepada para siswa yang terlibat dalam Forum Sadar Hukum SMAN 27 Bandung. Pada tahun-tahun berikutnya dimulai pemberdayaan siswa-siswa yang terlibat dalam Forum Sadar Hukum SMAN 27 untuk dipersiapkan menjadi peer facilitator bagi rekan-rekan siswa lainnya. Permasalahan yang dihadapi adalah bahwa masih perlu pendampingan terkait metode pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan materi hukum selain itu materi-materi hukum yang sesuai dengan hukum yang berlaku, sehingga dirasa perlu adanya modul pembelajaran bagi fasilitator sebagai panduan dalam melakukan kegiatan pendidikan hukum bagi rekan-rekan lainnya. Kegiatan pengabdian ini akan berupa penyusunan modul pembelajaran hukum bagi fasilitator. Luaran yang ditargetkan dari kegiatan ini adalah modul pembelajaran bagi fasilitator.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 05 Jun 2023 09:20
Last Modified: 09 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63875

Actions (login required)

View Item View Item