ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL)

RAHMAN, MUHAMMAD ARIF (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP, kemudian salah satu aspek afektif yakni self-efficacy dipercaya dapat mensukseskan proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan memfasilitasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP adalah model Brain Based Learning (BBL), karena dengan model brain based learning siswa berorientasi pada upaya pemberdayaan potensi otak dan menciptakan lingkungan belajar yang menantang kemampuan berpikir, menyenangkan, serta pembelajaran yang aktif dan bermakna bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model brain based learning siswa SMP; hubungan antara self-efficacy dengan model brain based learning siswa SMP: dan hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun literatur yang berkaitan dengan variabel penelitian sebanyak 17 artikel kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Model brain based learning dapat meningkatkan dan memiliki dampak positif terhadap perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. 2) Model brain based learning dapat meningkatkan dan memiliki dampak positif terhadap perkembangan self-efficacy siswa SMP, faktor yang dapat mempengaruhi hasil pembelajaran menggunakan model brain based learning adalah kemampuan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajarannya. 3) Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP memiliki hubungan atau korelasi dan berdampak positif dalam menyelesaikan persoalan matematika, self-efficacy siswa berbanding lurus dengan kemampuan pemecahan masalah siswa karena semakin tinggi self-efficacy siswa maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy, dan Model Brain Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 May 2023 08:13
Last Modified: 30 May 2023 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63855

Actions (login required)

View Item View Item