TIKTOK SEBAGAI REFERENSI DESTINASI WISATA KULINER BAGI GENERASI Z

Alfasya, Annisa Nanda (2023) TIKTOK SEBAGAI REFERENSI DESTINASI WISATA KULINER BAGI GENERASI Z. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
lembar persetujuan.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
surat pernyataan.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak 3 bahasa.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “TIKTOK SEBAGAI REFERENSI DESTINASI WISATA KULINER BAGI GENERASI Z” (Studi Fenomenologi TikTok sebagai Referensi Destinasi Wisata Kuliner Bandung di Kalangan Mahasiswa Fisip Unpas). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif, tindakan dan makna dari mahasiswa fisip unpas dalam menggunakan tiktok sebagarai referensi destinasi wisata kuliner mereka. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan, observasi lapangan dan wawancara dengan informan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif mahasiswa fisip unpas dalam menggunakan aplikasi tiktok sebagai referensi destinasi wisata kulinernya adalah karena informasinya yang jelas, up to date dan durasi video yang singkat. Tindakan yang dilakukan oleh mereka dalam menjadikan tiktok sebagai refrensi kuliner mereka adalah dengan cara menyimpan video – video rekomendasi ke fitur favorit, kemudian membagikan video tersebut ke teman atau kerabat mereka, setelah itu barulah mereka mendatangi tempat tersebut. Makna tiktok sebagai referensi destinasi wisata kuliner bagi mereka adalah sangat bermanfaat dalam membantu mencari referensi kuliner dan tempat makan dalam kehidupan sehari – hari. Saran yang peneliti sampaikan pada penelitian ini adalah semoga pengguna tiktok bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan tiktok sebagai rekomendasi wisata kulinernya, diharapkan para audience tidak menjadi pribadi yang konsumtif. Kemudian untuk para konten kreator diharapkan untuk tetap berkarya dengan baik agar bisa memberikan konten yang inspiratif dan bermanfaat dan diharapkan untuk membagikan video yang jelas, jujur, dan tidak dilebih – lebihkan. Kata kunci: Tiktok, referensi, kuliner, mahasiwa, generasi Z, fenomenologi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 May 2023 01:58
Last Modified: 27 May 2023 01:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63827

Actions (login required)

View Item View Item