Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru serta Implikasinya pada Mutu Lulusan Siswa SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota (The influence of principal leadership and teacher competence on teacher performance and the implications on the quality of graduates)

Rafiyudin, A. and Mulyana, Dadang and Rustandi, Iyus (2023) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru serta Implikasinya pada Mutu Lulusan Siswa SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota (The influence of principal leadership and teacher competence on teacher performance and the implications on the quality of graduates). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal A Rafiyudin 208020154 Manajemen Pendidikan.docx

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya permasalahan yang terkait dengan mutu lulusan yang tidak terlalu memuaskan dalam tiga tahun terakhir, yang mana salah satunya disebabkan oleh kinerja guru yang menurun. Penyebab lain adalah adanya kepemimpinan kepala sekolah yang kurang efektif dan kompetensi guru yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru serta implikasinya pada mutu lulusan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 180 orang guru dari enam SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota. Sampel yang diambil secara proportionate random sampling sebanyak 125 orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur menggunakan SPSS Ver. 26.0. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Kepemimpinan kepala SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota dikategorikan baik; 2) Guru-guru di SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota memiliki kompetensi yang baik; 3) Guru-guru SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota juga sudah menunjukkan kinerja yang baik; 4) Lulusan SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota menunjukkan mutu yang baik; 5) Secara parsial, kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota; 6)Secara parsial, kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota; 7) Secara simultan, kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota; dan 8) Kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu lulusan SMK Swasta se-Kecamatan Garut Kota. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Kinerja Guru, Mutu Lulusan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 May 2023 04:28
Last Modified: 05 May 2023 04:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63584

Actions (login required)

View Item View Item