RANCANG BANGUN ANTARMUKA DASHBOARD MONITORING AKADEMIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN FRAMEWORK LARAVEL (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Pasundan)

Pratama, Yogaswara Indra (2023) RANCANG BANGUN ANTARMUKA DASHBOARD MONITORING AKADEMIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN FRAMEWORK LARAVEL (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
mhs_173040044_TeknikInformatika.pdf

Download (513kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi dashboard yang dapat menyajikan informasi secara kongkret untuk Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung, dan penelitian ini dilaksanakan pada desember 2021 hingga januari 2023, metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode design thinking yang berfokus kepada kebutuhan pengguna melalui empat tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Dengan berlandaskan permasalahan yang ada yaitu belum ada aplikasi yang dapat mengakomodir kebutuhan kelola data di Fakultas Teknik Universitas Pasundan dan juga data yang dibutuhkan ketika proses analisis tidak dapat disajikan secara langsung karena diperlukan waktu untuk mengambil data yang akan dikelola. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah gagasan untuk membangun sebuah antarmuka aplikasi dashboard dengan memanfaatkan web service yang dimiliki oleh Universitas Pasundan sebagai sumber data yang ditampilkan pada aplikasi dashboard berbasis website dengan menggunakan framework Laravel sebagai aristektur dasar pada pembangunan aplikasi dashboard. Kata Kunci: Prototype, Dashboard, Website, Framework Laravel, Web Service

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 03 May 2023 03:04
Last Modified: 03 May 2023 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63557

Actions (login required)

View Item View Item