PERANAN ORGANISASI KEPEMUDAAN (KARANG TARUNA) DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KELURAHAN ANDIR (Studi Kasus Pada Kelurahan Andir Baleendah)

FAHRUDDIN, MUHAMMAD (2023) PERANAN ORGANISASI KEPEMUDAAN (KARANG TARUNA) DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KELURAHAN ANDIR (Studi Kasus Pada Kelurahan Andir Baleendah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
10. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
11. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
12. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Organisasi Kepemudaan ini memiliki peranan yang sangat begitu penting dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satunya, Ketika organisasi kepemudaan ini dipergunakan untuk menjadi salah satu sarana serta tawaran solusi bagi permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat. Keberadaan Karang Taruna ini dimaksudkan sebagai wadah untuk untuk menampung aspirasi masyarakat, khususnya generasi muda dalam rangka mewujudkan rasa kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat pada umumnya. Tujuannya tidak lain adalah terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda Pembentukan karakter serta peran pemuda seperti yang sudah dijelaskan diatas, juga memiliki kewajiban untuk memberikan wawasan kepada warga negara tentang mengembangkan potensi diri. Sebagai agen of change, generasi muda memegang peran yang besar sebagai pusat kemajuan, salah satu nya dalam bidang ekonomi. Selain ada peran pemerintah yang diwujudkan dengaan adanya badanbadan usaha negara, peran masyarakat juga diperlukan turut serta menjalankan perekonomian dalam bentuk usaha yang lebih luas. Kaitannya dengan Pendidikan Kewarganegaraan tentu, salah satunya yakni bahwasaanya organisasi kepemudaan merupakan salah satu role model bagi omasyarakat sekitar bahwa setiap warga negara harus menjalankan kan perannya sebagai warga negara salah satunya yakni memajukan kesejahteraan kehidupan bermasyarakat serta menjalankan apa yang menjadi hak serta kewajiban dari setiap warga negara. Salah satu cara untuk untuk mengembangkan suatu daerah adalah dengan melakukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, dan dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Keyword : Karang Taruna, Pemuda, UMKM, Pemerintah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:08
Last Modified: 18 Apr 2023 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63511

Actions (login required)

View Item View Item