PENGARUH CONTENT MARKETING SHOPEE AFFILIATE TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA MEDIA SOSIAL

Sihite, Dea Ananda (2023) PENGARUH CONTENT MARKETING SHOPEE AFFILIATE TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA MEDIA SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah masyarakat yang menggunakan media sosial menjadi salah satu peluang bagi perusahaan untuk minat beli konsumen khususnya di Instagram. Shopee Affiliate merupakan program e-commerce shopee yang memanfaatkan kemitraan untuk membuat konten mengenai produknya. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Content Marketing Shopee Affiliate terhadap Minat Beli Pengguna Media Sosial (Studi Kuantitatif pada Pengikut Akun Instagram @windaaylna). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh content marketing dan dimensinya yaitu reader cognitive, sharing motivation, persuasion, decision making, dan factor terhadap minat beli pengguna media sosial pada pengikut akun Instagram @windaalyna. Teori pada penelitian ini yaitu Teori Pertukaran Sosial yang dapat digunakan untuk meneliti fenomena hubungan yang saling menguntungkan dan Teori AIDA yang berasumsi adanya proses yang dilakukan calon konsumen sebelum membeli sebuah produk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survei. Teknik sampling yang digunakan yaitu Probability Sampling dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pengikut akun Instagram @windaalyna dengan jumlah responden sebagaisampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer berupa angket dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan bantuan IBM SPSS Statistik 25. Berdasarkan hasil uji t, sub variabel dari content marketing memiliki 2 dimensi yang berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli yaitu decision making dan factor, sedangkan pengaruh reader cognitive, sharing motivation dan persuasion tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil uji F membuktikan content marketing memiliki pengaruh secara simultan terhadap minat beli dengan nilai koefisien determinasi sebesar 57,4%. Kata Kunci: Konten Pemasaran, Shopee Affiliate, Minat Beli

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:49
Last Modified: 18 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63493

Actions (login required)

View Item View Item