IMPLEMENTASI JOB SAFETY ANALYSIS PADA OPERATOR PRODUKSI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA (STUDI KASUS : PT. MULTI REJEKITAMA BANDUNG)

ROMADLON, AJI PRASETYO (2022) IMPLEMENTASI JOB SAFETY ANALYSIS PADA OPERATOR PRODUKSI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA (STUDI KASUS : PT. MULTI REJEKITAMA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
AJI PRASETYO ROMADLON-(183010207)-TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian yang dilakukan di PT. Multi Rezekitama ini bertujuan untuk mengukur metode JSA (Job Safety Analisis) pada departemen produksi karena penelitian ini membahas dan mencoba menerapakan metode JSA ini pada operator produksi yang ada di PT. Multi Rezekitama yang berlokasi di Jl. Desa Cipadung No.17 Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Produk utama yang diproduksi dan dihasilkan yaitu cat ada dua jenis yaitu Waterbase dan Solvenbase dan cat ini dapat digunakan untuk genting, kayu ,bak mandi bahkan pada besi. Di departemen produksi berisi ada 4 orang dengan deskripsi kerjanya masing – masing dan tanggung jawabnya berbeda. Oleh karena itu karena belum terdapat pengukuran dengan metode JSA ini pada departemen produksi maka peneliti melakukan penelitian dengan metode ini pada departemen produksi ini. Pada metode JSA ini memiliki beberapa tahapan yaitu pertama memilih pekerjaan yang akan dilakukan penelitian lalu selanjutnya melakukan deskripsi pekerjaan yang dilakukan oleh operator produksi, selanjutnya dilakukan analisa potensi bahaya pada setiap deskripsi pekerjaan yang dilakukan operator serta fasilitas,tempat,alat dan mesin yang digunakan, selanjutnya analisa resiko pada pekerjaan selanjutnya analisa penyebab terjadinya dan analisa mitigasi resiko ataupun penanggulangan yang dapat dilakukan dalam setiap deskripsi pekerjaan pada operator produksi. Dengan metode JSA ini maka dapat mengetahui dengan deskripsi pekerjaan memasukan bahan - bahan kepada mesin terdapat beberapa resiko seperti dapat terjatuh, bahan – bahan dapat berceceran dan lainnya sehingga diketahui juga pengendalian dari resiko tersebut yaitu penggunaan tutup pada mesin agar bahan tidak berceceran dan lainnya. Sehingga dengan penelitian ini maka dapat menjadi rekomendsi perbaikan dan penambahan fasilitas untuk beberapa langkah – langkah pekerjaan pada operator produksi . Kata Kunci : Metode JSA (Job Safety Analysis), Operator Produksi , Deskripsi Pekerjaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:25
Last Modified: 18 Apr 2023 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63479

Actions (login required)

View Item View Item