PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI KELAS VIRTUAL GOOGLE SLIDES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn (Penelitian Eksperimen di SMP Sumatra 40 Bandung)

Fachrurazi, Irzam Gustira, 185010034 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI KELAS VIRTUAL GOOGLE SLIDES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn (Penelitian Eksperimen di SMP Sumatra 40 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai efektivitas pembelajaran model Problem Based Learning melalui Kelas Virtual Google Slides dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang mengangkat suatu permasalahan dalam membangun pengetahuan sendiri, sehingga dalam praktiknya membuat peserta didik untuk berfikir serta berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Adanya COVID-19 mengakibatkan perubahan dalam sistem pendidikan diantaranya kurikulum yang terdiri atas rencana pembelaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, tujuan pembelajaran, media pembelaran dan sistem evaluasi, sehingga pada peserta didik harus melakukan penyesuaian dalam proses belajar mengajar pada beberapa kasus peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafal banyak materi yang diberikan oleh guru dengan adanya model Problem Based Learning melalui Kelas virtual google slides diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, mengingat kelas virtual google slides merupakan suatu platform pembelajaran yang membuat suatu ekosistem kelas ke dalam bentuk online sehingga proses pembelajaran berjalan lebih efektif karena peserta didik dapat lebih mandiri untuk mengakses pembelajaran yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu, dalam penelitian kali ini peneliti melakukan eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif dan pada penelitian ini peneliti memperoleh beberapa data primer pada hasil pretest dan posttest serta data sekunder dari ahsil penyebaran angket peserta didik. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Microsoft Excel 2017 dan EBM SPSS 23 for Windows. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX A dan IX B dan 1 Guru Mata Pelajaran PPKn di SMP Sumatra 40 Bandung. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:22
Last Modified: 17 Apr 2023 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63457

Actions (login required)

View Item View Item