PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 259 GRIYA BUMI ANTAPANI

RAMADIANTI, FADILA, 185060106 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 259 GRIYA BUMI ANTAPANI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.KAVER.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB II.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
10.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja dengan penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal sehingga menyebabkan siswa tidak dapat merumuskan masalah, menganalisis argumen, menanyakan dan menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pre-test dan post-test control group design. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V-A dan siswa kelas V-C SDN 259 Griya Bumi Antapani yang masing-masing berjumlah 25 orang. Instrument penelitian menggunakan pre-test dan post-test berupa soal uraian yang berjumlah 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji N-gain, dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 84,8 dan nilai rata-rata kelas konvensional 70,8. Hasil perhitungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning terhadpa kemampuan berpikir kritis siswa sangatlah berpengaruh, terlihat dari hasil uji Ngain yang telah dilakukan yaitu pembagian skor N-gain atau indeks gain yaitu sebesar 0,70 yang termasuk dalam kategori yang termasuk dalam kategori tinggi dan tafsiran N-gain mencapai 70,7% termasuk dalam kategori peningkatan kemampuan berpikir kritis cukup efektif. Data ini dilihat dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, nilai uji effect size mencapai 1,54 dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dari data yang telah diperoleh tersebut maka model discovery learnning berpengaruh sangat tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Model Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:16
Last Modified: 17 Apr 2023 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63455

Actions (login required)

View Item View Item