PERANAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BOJONGSOANG (Penelitian Deskriftif Kuantitatif dilakukan di SD Negeri Cipagalo 2, SD Mulyasari 2, SD Negeri Bojongsoang 2, SD NegeriBandung Indah Griya Indah, SD Negeri Bojongsari, SD Negeri Sapan 2)

RAHAYUNINGSIH, ENDAH, 185060127 (2023) PERANAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BOJONGSOANG (Penelitian Deskriftif Kuantitatif dilakukan di SD Negeri Cipagalo 2, SD Mulyasari 2, SD Negeri Bojongsoang 2, SD NegeriBandung Indah Griya Indah, SD Negeri Bojongsari, SD Negeri Sapan 2). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.KAVER.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB II.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
10.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di Sekolah Dasar kecamatan Bojongsoang kenyataannya tidak semua individu memilliki ciri-ciri motivasi belajar karena hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang kurang dalam menghadapi kesulitan atau dalam memecahkan masalah, merasa bosan pada tugas yang rutin diberikan oleh guru, serta ada beberapa peserta didik yang tidak mengerjakan tugas. Hal tersebut sebaiknya diperhatikan oleh orang tua agar dapat mempermudah dalam memberikan motivasi ketika mendampingi anak belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpuan data pada penelitian ini yaitu berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji analisis regresi sederhana.Berdasarkan hasil perhitungan motivasi belajar peserta didik selama pembelajaran di masa pandemi bahwa Motivasi peserta didik selama Pembelajaran di masa pandemi berada pada kriteria “Sangat Tinggi” dengan skor nilai 0,95. Dengan demikian Motivasi pembelajaran pada masa pandemi melalui daring berjalan dengan “Sangat Baik”. Sedangkan untuk peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di masa pandemi ini adalah sebesar 0,87 berada pada kriteria “ Sangat Baik”, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di masa pandemi di sekolah dasar yang berada di kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung ini memiliki kriteria pendampingan belajar yang sangat baik. Motivasi belajar anak pada masa pandemi di sekolah dasar kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung mengalami peningkatan yang signifikan dan bersifat positif serta didukung oleh peran orang dalam pendampingan belajar di masa pandemi yang sangat baik, sehingga motivasi siswa berada pada kriteria sangat tinggi. Peran orang tua sangat besar dalam membina, mendidik, memotivasi, dan membesarkan anak hingga menjadi sukses. Dengan pemberian perhatian, penghargaan dapat mempengaruhi motivasi belajar anak sehingga peran orang tua sebagai panutan bagi anak untuk membina dan mengajarkan anak tentang sifat terpuji dan tercela, kemudian peran orang tua sebagai fasilitator anak menyediakan semua kebutuhan anak demi menunjang kenyamanan dan proses belajar anak. Kata kunci: Peranan Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:11
Last Modified: 17 Apr 2023 07:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63454

Actions (login required)

View Item View Item