PERAN GURU PKN DALAM MENANAMKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif pada Guru PKn dan Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Serangpanjang Kabupaten Subang)

Wijaksana, Vian Tresna (2023) PERAN GURU PKN DALAM MENANAMKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif pada Guru PKn dan Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Serangpanjang Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan (1).pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB 1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB 2.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
FILE 9 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
FILE 10 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui begaimana peran Guru PKn dalam Menanamkan Motivasi Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Perguruan Tinggi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya lulusan SMA Negeri 1 Serangpanjang yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dikarenakan masih kurangnya kesadaran peserta didik terhadap pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, maka perlu adanya peran Guru PKn dalam menanamkan motivasi kepada peserta didik melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan agar peserta didik berpotensi mampu bersaing secara global karena untuk bersaing secara global perlu pemahaman terkait pengetahuan kewarganegaraan yang akan didapatkan jika seseorang menempuh jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan mixed methods. Pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan malakukan wawancara bersama Guru PKn Kelas XII dan perwakilan peserta didik Kelas XII IPA IV, XII IPA I, dan IPA III, serta angket yang disebarkan kepada peserta didik Kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Masih banyak peserta didik yang kurang motivasinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi (2) Melalui mata pelajaran PKn peserta didik memahami bahwa pengetahuan kewarganegaraan yang ditempuh di perguruan tinggi mampu menjadikan seseorang untuk bersaing secara global, dapat membentuk karakter diri yang lebih baik dan dapat meningkatkan kemampuan akademik maupun kemampuan profesional. Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi, Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Apr 2023 08:07
Last Modified: 14 Apr 2023 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63326

Actions (login required)

View Item View Item