HUBUNGAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA di SD KECAMATAN UJUNGBERUNG (Penelitian Survey Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung)

Sari, Ilmi Utama (2023) HUBUNGAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA di SD KECAMATAN UJUNGBERUNG (Penelitian Survey Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.KAVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
11.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
12.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
13.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar diperlukan bagi manusia sepanjang hidupnya. Namun, siswa Kelas V belum memiliki kemandirian belajar optimal. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Se Kecamatan Ujung berung Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, sampel yang diselidiki adalah murid kelas V se- Kecamatan Ujung berung Kota Bandung yang diambil 1 kelas dari setiap sekolah berjumlah 270 orang. Variabel yang diukur adalah kemandirian belajar dan prestasi belajar. Untuk variabel kemandirian belajar menggunakan observasi. Sedangkan variabel Prestasi belajar didapat dari nilai ulangan harian peserta didik. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar secara kuantitatif dikategorikan baik dengan rata-rata 82,44, kemandirian belajar peserta didik kelas V se- Kecamatan Ujung berung Kota Bandung, dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 82,38 dan. analisis korelasi sederhana digunakan dalam menguji hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas V se- Kecamatan Ujung berung Kota Bandung, didapat nilai Fhitung 30.061 > 3,031918, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian dan Prestasi belajar matematika. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Prestasi Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:22
Last Modified: 14 Apr 2023 06:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63319

Actions (login required)

View Item View Item