PERANAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK (Studi kasus di SMP Negeri 4 Bandung)

SEMESTA, MOCHAMAD ILHAM (2023) PERANAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK (Studi kasus di SMP Negeri 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan sesungguhnya tidak hanya didapat melalui proses pembelajaran yang formal dalam ruang kelas, akan tetapi tujuan pendidikan itu didapat pula melalui keterlibatan siswa dalam sebuah organisasi. Kegiatan organisasi merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran untuk membantupengembangan siswa sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang diselenggarakan di sekolah. Peran pendidikan nasional untuk meningkatkan potensi dan kompetensi, membangun karakter bangsa yang memiliki martabat dan adab, yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, pendidikan tidak hanya berkaitan dengan kapasitas belajar, tetapi juga pembentukan karakter peserta didik. Keberhasilan seseorang tidak hanya bergantung pada wawasan dan kompetensi teknis (hard skill), namun juga pada keterampilan managemen diri sendiri serta orang lain (soft skill). Kegiatan organisasi di sekolah merupakan salah satu sarana yang dapatmengembangkan kompetensi kewarganegaraan siswa. Salah satu kompetensi yangdikembangkan dalam kegiatan ini yaitu keterampilan mandiri (autonomous skills).Kegiatan ini memberikan peluang kepada siswa untuk menganalisis suatu masalah dan memecahkan masalah. Selaini tu, pengembangan kemandirian siswa dapat menjadi sarana untuk melatih diri dalam bertanggung jawab, pengambilan keputusan, berpikirkritis, dan memecahkan masalah tanpa bergantung kepada oranglain, sehingga menjadi bekal untuk kehidupan masyarakat pada masa yang datang. Sebagai generasi penerus bangsa, siswa perlu dibentuk dan dibina sebagai manusia yang mandiri, berawal dari sekolah. Dalam pembentukan kemandirian siswa, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMP Negeri 4 Bandung mempunyai peranan yang sangat penting. Sesuai dengan tujuannya, yaitu memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasamasecara mandiri, berpikir logis dan demokratis, maka melalui kegiatan OSIS, diharapkan siswa dapat hidup mandiri dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Oleh karena itu, Peneliti melakukan penelitian untuk meneliti terkait dengan peranan organisasi siswa intra sekolah untuk menumbuhkan sikap kemandirian dari peserta didik. Kata Kunci : Organisasi Siswa Intra Sekolah, Kemandirian, Karakter, dan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:22
Last Modified: 13 Apr 2023 04:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63249

Actions (login required)

View Item View Item