SARI, WINDA NOVIA NURLAELA, 185020091 (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Survei Pada Siswa Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 27 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
bab ii.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
Text
bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (i) kemandirian belajar siswa kelas X IPS SMAN 27 Bandung, (ii) pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMAN 27 Bandung, (iii) mengungkap kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMAN 27 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 27 Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 137 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa angket atau kuisioner yang disebarkan melalui google form dengan 34 pernyataan kepada responden siswa kelas X IPS SMAN 27 Bandung. Hasil penelitian menunjukan: (i) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 27 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan secara keseluruhan memperoleh hasil dari analisis uji koefisien determinasi dengan nilai sebesar 40,9% dikategorikan cukup kuat/baik, (ii) terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 27 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan secara keseluruhan memperoleh hasil dari analisis uji koefisien determinasi dengan nilai sebesar 13,5% dikategorikan sangat lemah, (iii) terdapat pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 27 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan secara keseluruhan memperoleh hasil dari uji koefisien determinasi yakni sebesar 44,3% dikategorikan cukup kuat/baik. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 04:16 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 04:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63209 |
Actions (login required)
View Item |