KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNADAKSA DI SLB-D YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) KOTA BANDUNG

Isnaeni, Nanda (2023) KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNADAKSA DI SLB-D YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
4. Abstark 3 Bahasa_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Pernyataan_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Isi_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Tabel_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Gambar_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab 2_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab 1_Skripsi_Nanda Isnaeni – 162020052.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunadaksa di SLB-D Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kota Bandung”. Tunadaksa merupakan seseorang yang mengalami kesulitan mengoptimalkan fungsi anggota tubuh, keterbatasan yang dimiliki penyadang tunadaksa menyebabkan mereka tidak dapat melakukan aktifitas tertentu, masalah sosial anak tunadaksa adalah kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya karena merasa tidak akan diterima oleh teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan mengenai kemampuan anak tunadaksa, faktor penghambat serta faktor pendukung anak tunadaksa dalam melakukan interaksi sosial, serta bagaimana implikasi praktis dan teoritis pekerjaan sosial dalam menangani anak tunadaksa. Informan dalam penelitina ini adalah siswa/i tunadaksa di SLB-D Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kota Bandung, orang tua, guru, pekerja sosial dan juga psikolog. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan interaksi sosial anak tunadaksa di SLB-D YPAC Kota Bandung cukup baik namun belum terwujud secara optimal. Dikatakan belum optimal karena terdapat beberapa hambatan yang muncul seperti perasaan rendah diri dan keterbatasan yang dirasakan anak tunadaksa tentang dirinya, selain itu kurangnya penerimaan lingkungan umum dan pemahaman orang tua yang masih minim menjadi hambatan anak tunadaksa dalm melakukan interaksi sosial. Namun interaksi sosial anak tunadaksa dikatakan cukup baik karena anak tunadaksa memiliki semangat untuk belajar dan mempunyai kapasitas intelegensi yang cukup baik. Selain itu keluarga dan lingkungan sekolah yang suportif juga berpengaruh pada kemampuan interaksi sosial anak tunadaksa. Adapun peran-peran yang dilakukan pekerja sosial dalam menangani anak tunadaksa adalah sebagai enabler, broker dan social planner. Kata kunci: anak tunadaksa, kontak sosial, komunikasi, imitasi, motivasi, empati

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2020
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:38
Last Modified: 12 Apr 2023 02:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63193

Actions (login required)

View Item View Item