PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DENGAN DAGING IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) TERHADAP KARAKTERISTIK SUP KRIM JATILE (JAMUR TIRAM DAN IKAN LELE) INSTAN

Prandini, Aulia Putri (2023) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DENGAN DAGING IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) TERHADAP KARAKTERISTIK SUP KRIM JATILE (JAMUR TIRAM DAN IKAN LELE) INSTAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
draft-laporan-SIDANG-TA-163020260.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perbandingan Tepung Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) dengan Daging Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus) terhadap Karakteristik Sup Krim Jatile (Jamur Tiram dan Ikan Lele) Instan. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (1x5) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 kali ulangan sehingga diperoleh 25 satuan percobaan. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari satu faktor yaitu perbandingan tepung jamur tiram dengan daging ikan lele dumbo yang terdiri dari 5 perbandingan yaitu f1 (6:9), f2 (7:8), f3 (8:7), f4 (9:6) dan f5 (10:5). Respon meliputi respon kimia yaitu kadar air dan kadar protein. Respon fisik meliputi viskositas, stabilitas, waktu larut dan rendemen. Uji organoleptik pra seduh atribut warna dan aroma. Uji organoleptik seduh atribut warna, aroma, tekstur dan rasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perbandingan tepung jamur tiram dengan daging ikan lele berpengaruh nyata terhadap respon kimia kadar air dan kadar protein, respon fisik viskositas, stabilitas, waktu larut dan rendemen, respon organoleptik uji hedonik pra seduh atribut warna dan aroma, uji organoleptik seduh atribut warna, aroma, tekstur dan rasa. Kata kunci: Sup krim instan, tepung jamur tiram, daging ikan lele.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:49
Last Modified: 10 Apr 2023 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63090

Actions (login required)

View Item View Item