PENERAPAN METODE TEAM TEACHING BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

DEDI SUPRIYADI, NPM. 198060035 (2023) PENERAPAN METODE TEAM TEACHING BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
198060035_ Dedi Supriyadi_MPM_Rev.docx

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VIII SMP Islam Nurul Fikri Boarding School dengan menerapkan metode team teaching berbassis e-learning pada pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa putri pada kelas eksperimen dan 20 siswa putra pada kelas kontrol, yang dipilh secara acak. Data self efficacy diukur dengan menggunakan skala self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan pada siklus awal dan siklus akhir penelitian tindakan kelas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kelas pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang menerapkan metode team teaching berbasis e-learning memberikan dampak pada meningkatnya self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis lebih baik dibandingkan dengan kelas pembelajaran jarak jauh dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil pengujian ditemukan adanya peningkatan self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan penerapan metode team teaching berbasis e – learning, namun berdasarkan hasil pengujian tidak ditemukan hubungan antara peningkatan self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada pada kelas pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan pembelajaran matematika, khususnya dalam penerapan metode team teaching untuk meningkatkan self efficacy dan kemempuan pemecahan masalah matematis. Diharapkan melalui hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang lebih efektif dan efisien. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Metode Team Teaching berbasis e – learning Pembelajaran Jarak Jauh, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Apr 2023 08:34
Last Modified: 08 Apr 2023 08:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63053

Actions (login required)

View Item View Item