ANALISIS ARTIKEL TERKAIT PENILAIAN AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN BIBLIOMETRIX TOOLS (APLIKASI METODE SLNA)

ROHIMAH, SESTI, 185040024 (2023) ANALISIS ARTIKEL TERKAIT PENILAIAN AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN BIBLIOMETRIX TOOLS (APLIKASI METODE SLNA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penilaian afektif pada pembelajaran Biologi menjadi salah satu penilaian hasil belajar yang belum dilakukan dengan baik dan masih dilakukan tanpa adanya acuan yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait penilaian afektif pada pembelajaran Biologi dengan disertai penggunaan Bibliometrix Tools. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Network Analisis (SLNA) yaitu gabungan antara metode SLR (Systematic Literature Review) untuk analisis isi artikel, dengan metode BA (Bibliographi Network Analysis) untuk analisis data artikel terkait kata kunci, tahun publikasi, jurnal serta jejaring tema mengenai keterkaitan antara kata kunci. Dalam penggunaannya, metode SLNA ini melibatkan database yaitu Scopus untuk mencari artikel-artikel terkait. Hasil analisis mengungkapkan bahwa untuk membuat instrumen penilaian afektif yang baik pada pembelajaran Biologi harus dilakukan beberapa tahapan menganalisis dan uji instrumen. Sikap siswa terhadap embelajaran Biologi pada mata pelajaran IPA cukup unggul di banding pembelajaran Kimia dan Fisika. Terdapat beberapa model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan nilai afektif siswa pada pembelaran Biologi. Serta harus ada keselarasan antara domain afektif dengan domain kognitif dan psikomotor. Dari analisis bibliometrik pada data artikel, jurnal yang paling banyak mempublikasi adalah Journal of Physics: Conference Series dan International Journal of Environmental research. Artikel terkait banyak dipublikasi pada tahun 2020 dengan ada 6 nama penulis paling banyak. Dan kata kunci assessment menjadi kata kunci yang paling banyak digunakan, dan memiliki keterkaitan yang erat dengan kata kunci education. Kata Kunci : Penilaian Afektif, Pembelaran Biologi, Bibliometrix Tools dan metode SLNA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Apr 2023 06:14
Last Modified: 08 Apr 2023 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63049

Actions (login required)

View Item View Item