MULYADI, ROBI (2023) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SISTEM LAYANAN INFORMASI PERIZINAN TERPADU (SAMIRINDU) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Abstrak 3 Bahasa (182010125).pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (182010125).pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan (182010125).pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi (182010125).pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Cover (182010125).pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar (182010125).pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (182010125).pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Pelayanan terpadu satu pintu khususnya di bidang perizinan seperti izin mendirikan sekolah dasar ijin praktik apoteker dan masih banyak yang lainya adalah salah satu kebutuhan yang peting diperlukan oleh publik kuhususnya yang membutuhkan, oleh karenanya publik wajib menuntut terhadap pemerintahan guna mendapatkan pelayanan yang prima. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung meluncurkan sebuah inovasi pelayanan publik melalui aplikasi sistem layanan informasi perizinan terpadu (SAMIRINDU) yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan perizinan, sehingga akan terciptanya suatu pelayanan yang prima,efektif dan efisien. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan secara terperinci terkait dengan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi sistem layanan informasi perizinan terpadu (SAMIRINDU), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Tolak ukur guna mengetahui sejauh mana inovasi pelayanan publik melalui aplikasi sistem layanan informasi perizinan terpadu (SAMIRINDU) peneliti mengacu pada teori yang dikemukakan oleh rogers dalam bukunya Diffusion of innovation jilid ke-5 dengan dimensi: Relative Advantage, Compability, Complexity, Triability, Observability. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi sistem layanan informasi perizinan terpadu (SAMIRINDU) sudah cukup berjalan dengan baik namun belum maksimal. Hambatan dari inovasi tersebut mengenai Sebagian warga yang belum siap untuk melakukan secara online karena terkesan cukup rumit kemudian hambatan selanjutya terkait server yang seringkali mengalami down diakibatkan jaringan yang tidak stabil, dampaknya mempengaruhi pelayanan yang dilakukan oleh publik. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Aplikasi Sistem Layanan Informasi Perizinan Terpadu
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 01 Apr 2023 02:18 |
Last Modified: | 01 Apr 2023 02:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62880 |
Actions (login required)
View Item |