USULAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM TAHU SARI BUMI DENGAN ANALISIS SWOT MENGGUNAKAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) (STUDI KASUS : UMKM TAHU SARI BUMI)

FEBRI, ARISETIYANTO and Iman Firmansyah, DS (2023) USULAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM TAHU SARI BUMI DENGAN ANALISIS SWOT MENGGUNAKAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) (STUDI KASUS : UMKM TAHU SARI BUMI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Febri Arisetiyanto_163010066_Teknik Industri.pdf

Download (396kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

UMKM Tahu Sari Bumi merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang pangan pengolahan kacang kedelai menjadi tahu siap konsumsi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang tepat untuk diimplementasikan dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Tahu Sari Bumi. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan yaitu wawancara dengan pemilik UMKM, observasi untuk mendapatkan data-data dan informasi yang akurat, dan kuisioner. Data sekunder yang digunakan pada penelitian ini yaitu data internal perusahaan dan data terkait. Berdasarkan hasil matrik IFE memperoleh total skor tertimbang sebesar 3,43 dan matrik EFE memperoleh total skor tertimbang sebesar 3,56. Matriks SWOT memperoleh beberapa alternatif strategi dengan mengkombinasikan antara faktor internal kekuatan dan kelemahan dengan faktor eksternal peluang dan ancaman. Pada diagram analisis SWOT perusahaan berada pada sel 1 yaitu situasi yang dapat menguntungkan perusahaan. Berdasarkan hasil QSPM memperoleh alternatif strategi prioritas yaitu strategi alternatif WO dengan nilai sebesar 6,90. Strategi alternatif WO yaitu melakukan inovasi produk, Peningkatan kualitas/SDM melalui program program dari pemerintah dan melakukan promosi melalui internet atau sosial media. Kata Kunci : Matrik IFE dan EFE, SWOT, dan QSPM

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2023
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:09
Last Modified: 29 Mar 2023 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62809

Actions (login required)

View Item View Item