Strategi Koordinasi Lintas Sektor Penanggulangan Bencana Banjir di Wilayah Bandung Timur pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Cross-Sectoral Coordination Strategy for Flood Disaster Management in the East Bandung Region at the Regional Disaster Management Agency (BPBD) of West Java Province

Dyah Bayu Framesthi, NPM. 169020017 and Bambang, Heru Purwanto and Lia, Muliawaty (2023) Strategi Koordinasi Lintas Sektor Penanggulangan Bencana Banjir di Wilayah Bandung Timur pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Cross-Sectoral Coordination Strategy for Flood Disaster Management in the East Bandung Region at the Regional Disaster Management Agency (BPBD) of West Java Province. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Dyah Bayu Framesthi_DIS.docx

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
LOA dyah_dis.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang sering dilanda banjir. Hal ini disebabkan oleh besarnya jumlah penduduk yang tidak merata, kesenjangan sosial dan ekonomi yang cukup besar, keragaman suku, agama, etnik dan budaya, ketidakpedulian dan tingginya tingkat penyimpangan dalam memanfaatkan sumber daya alam/kekayaan. Dari sejumlah wilayah di Jawa Barat, wilayah Bandung Raya menjadi salah satu wilayah yang paling sering dilanda banjir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi koordinasi lintas sektor dalam penanggulangan bencana banjir di Wilayah Bandung Timur pada BPBD Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan analisis strategis menggunakan SWOT. Hasil kajian menunjukkan bahwa faktor penyebab belum efektifnya koordinasi lintas sektor untuk pengendalian banjir meliputi koordinasi vertikal dan koordinasi fungsional sehingga dalam pelaksanaan strategi koordinasi lintas sektor dalam penanggulangan banjir di wilayah Bandung Timur terbagi menjadi 3 dimensi, yaitu dimensi hirarki, dimensi pasar dan dimensi jaringan yang kemudian dianalisis dengan analisis SWOT dan didapatkan hasil berupa strategi diversifikasi. Kata Kunci: Strategi, Koordinasi Lintas Sektor, Banjir, Dimensi Hierarki, Dimensi Pasar, Dimensi Jaringan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:18
Last Modified: 29 Mar 2023 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62799

Actions (login required)

View Item View Item