Hasanah, Febryanti (2023) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “PEDULI PENYIARAN SEHAT” PRODUK KPID JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (37kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (28kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx Download (12kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat “Peduli Penyiaran Sehat” Produk KPID Jawa Barat.” Iklan Layanan Masyarakat ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami bagaimana karakter masyarakat yang hidup ditengah-tengah berbagai jenis tontonan yang disajikan. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) merupakan Iklan yang menyajikan pesan-pesan sosil yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus dihadapi. Begitupula dengan Iklan Layanan Masyarakat dari KPID Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna sign, object dan interpretant yang terdapat dalam Iklan Layanan Masyarakat (ILM ) “Peduli Penyiaran Sehat” KPID Jawa Barat. Serta mencari tahu bagaimana sebuah Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dapat membentuk realitas social yang dapat mempengaruhi pandangan dan pola berpikir masyarakat yang menyaksikannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan suatu penelitian yang mendalam. Metode penelitian kualitatif digunakan apabila masalah penelitian belum jelas memahami suatu makna yang tampak. Serta menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Pierce untuk menganalisis makna-makna yang terdapat dalam setiap adegan didalam Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan mengacu pada teori Kontruksi Realitas Sosial Peter L. Berger dan Luckman. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam Iklan Layanan Masyarakat (ILM) “Peduli Penyiaran Sehat” memiliki makna sign, object dan interpretant dalam setiap adegannya. Serta memiliki kaitan erat dalam kehgidupan masyarakat, sehingga terdapat pesan moral yang dapat ditarik. Hal-hal yang peneliti rekomendasikan sebagai masukan yaitu untuk para pembuat Iklan Layanan Masyarakat (ILM), ciptakan lah sebuah Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang mampu menyajikan pesan-pesan moral positif terhadap masyarakat, Iklan Layanan Masyarakat juga dapat berupa nasehat yang bagaimana nasehat itu tersampaikan dengan baik dan dirujuk oleh masyarakat sebagai cara untuk memperbaiki keadaan mereka. Iklan Layanan Masyarakat yang baik akan mampu bertahan dalam masa yang sangat lama. Sehingga akan menjadi pemantik yang bisa menjadi motivator media. Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Peduli Penyiaran Sehat, Hubungan Masyaarakat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 07:35 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 07:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62774 |
Actions (login required)
View Item |