PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa, Sekretariat Daerah Kabupaten Subang)

Bagea Putra Munggaran, 164010177 and Dr. Ina Ratnamiasih, SE.,MSi, Pembimbing (2023) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa, Sekretariat Daerah Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukannya permasalahan yang ada pada kinerja pegawai. Masalah yang terlihat dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai yang kurang baik yang diakibatkan oleh komitmen organisasi dan karakteristik pekerjaan yang masih rendah. Komitmen organisasi adalah suatu perasaan yang muncul pada seorang pekerja menyangkut identifikasi, loyalitas dan pelibatannya terhadap keputusan untuk melanjutkan keanggotaan dalam sebuah organisasi. Karakteristik pekerjaan merupakan sifat dari tugas yang meliputi tanggung jawab, macam tugas dan tingkat kepuasan yang diperoleh dari pekerjaan itu sendiri. Kinerja adalah pengambilan resiko untuk menjalankan sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri tidak bergantung kepada pemerintah atau pihak-pihak lain dalam menghadapi segala tantangan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komitmen organisasidan karakteristik pekerjaan terhadap kinerja pegawai Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Subang baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel 68 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan menyebarkan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan komitmen organisasi dan karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Bagiaan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerha Kabupaten Subang dengan pengaruh sebesar 51,1%. Secara parsial komitmen organisasi memberikan pengaruh sebesar 27,6% terhadap kinerja pegawai, sedangkan karakteristik pekerjaan memberikan pengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 23,9%. Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Karakteristik Pekerjaan dan Kinerja Pegawai

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2016
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:09
Last Modified: 27 Mar 2023 03:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62765

Actions (login required)

View Item View Item