STRATEGI KOMUNIKASI FESTIVAL LEGU GAM DALAM MENGOMUNIKASIKAN BUDAYA LOKAL KEPADA MASYARAKAT

Chairunnisa, Salsa Fazira (2023) STRATEGI KOMUNIKASI FESTIVAL LEGU GAM DALAM MENGOMUNIKASIKAN BUDAYA LOKAL KEPADA MASYARAKAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 Bahasa.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang festival kebudayaan yang dimiliki oleh Kesultanan Ternate, yang merupakan aset daerah dan juga sebagai pelestarian budaya lokal sekaligus memperkenalkannya kepada masyarakat lokal, nasional, maupun internasional. Festival Legu Gam ini sudah menjadi festival tahunan yang masuk dalam kalender event Kementrian Parawisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Untuk tetap melaksanakan event budaya yang telah dilaksanakan hampir 20 tahun sejak 2002, maka diperlukan strategi komunikasi yang efektif dan lebih dikembangkan lagi kepada masyarakat luas yang ada di seluruh dunia. Penelitian ini mengangkat judul terkait “Strategi Komunikasi Festival Legu Gam dalam Mengkomunikasikan Budaya Lokal Kepada Masyarakat” yang mengkaji strategi komunikasi, penyusunan pesan yang dilakukan oleh Kesultanan Ternate dan efek komunikasi dari Festival Legu Gam. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode history. Penggunaan metode ini guna mendeskripsikan atau menggambarkan tentang strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kesultanan Ternate sebelum pandemi dan melibatkan enam orang informan yang terlibat dalam Festival Legu Gam. Sedangkan teori pendukung yang digunakan adalah teeori interaksi simbolik dan konsep strategi komunikasi dari Hafied Cangara. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kesultanan Ternate selaku pihak penyelenggara dalam menentukan komunikator yang mencakup kredibilitas, daya tarik, dan power serta menjalin kerja sama dengan semua pihak baik dalam daerah maupun pusat. (2) Strategi penyusunan pesan yang dilakukan dengan menyusun tema festival sesuai dengan latar belakang dari kota Ternate dan menjadikan budaya lokal sebagai daya tarik yang bersifat informatif, edukasi, dan persuasi. (3) Efek komunikasi dari Festival Legu Gam terdapat 3 perubahan yaitu perubahan pemikiran, sikap dan perilaku. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Festival Legu Gam

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:35
Last Modified: 27 Mar 2023 02:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62755

Actions (login required)

View Item View Item