PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS INDUSTRI KREATIF WAYANG DAN SENI LUKIS MELALUI PROGRAM DESA WISATA DI KELURAHAN JELEKONG KECAMATAN BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG

GUSTIRA, WENDI (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS INDUSTRI KREATIF WAYANG DAN SENI LUKIS MELALUI PROGRAM DESA WISATA DI KELURAHAN JELEKONG KECAMATAN BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Industri Kreatif Wayang dan Seni Lukis Melalui Program Desa Wisata di Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung”. Kelurahan Jelekong ditetapkan sebagai salah satu Desa Wisata yang ada di Provinsi Jawa Barat, dan dikenal sebagai pelopor kesenian budaya Sunda. Kelurahan ini termasuk desa mandiri yang mampu menggerakan perekonomian wilayah melalui usaha industri kreatif pada sektor seni dan budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi masyarakat di Jelekong pasca program Desa Wisata diimplementasikan, dan untuk mengetahui pemberdayaan yang dilakukan agar tercipta masyarakat yang mandiri. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para Mahasiswa lainnya yang akan melakukan penelitian, dan juga kepada Masyarakat umum yang ingin mengetahui kondisi terkini terkait Kelurahan Jelekong. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dan metode penelitiannya yaitu kualitatif dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Adapun teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi dokumen, wawancara mendalam, dan observasi non￾partisipan. Jumlah informan dalam penelitian ini terdiri dibagi menjadi 4 Klaster yaitu Perangkat Kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Komunitas, dan Masyarakat. Dengan rinciannya yaitu Kepala Kelurahan Jelekong, Sekretaris Kelurahan Jelekong, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Ketua Komunitas Penggerak Pariwisata Jelekong (Kompepar), Ketua Sanggar Lukis Budiman, Praktisi Kesenian (Keluarga Seniman Giri Harja 2), Pelukis (Masyarakat Lokal), dan Dalang Wayang (Masyarakat Lokal). Hasil dari penelitian di Kelurahan Jelekong cukup baik, peneliti dapat menemukan berbagai informasi, mulai dari sejarah, budaya, serta proses dari kegiatan pemberdayaan yang dilakukan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan sosial Masyarakat melalui pergerakan ekonomi masyarakat pada sektor industri kreatif wayang dan seni lukis. Peneliti merekomendasikan agar kajian terhadap Desa Wisata dapat dibuat lebih banyak lagi oleh para kalangan yang berlatarbelakang keilmuan sosial, hal ini bertujuan agar menjadi salah satu referensi dalam pemecahan permasalahan sosial di desa yang tertinggal. Kata kunci: Desa Wisata, Industri Kreatif, Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:19
Last Modified: 21 Mar 2023 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62717

Actions (login required)

View Item View Item