PERAN TENAGA KERJA ASING (TKA) CHINA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA LOKAL DI KOTA BANDUNG MELALUI PENERAPAN ALIH ILMU PENGETAHUAN & TEKNOLOGI (IPTEK) PADA PROYEK PEMBANGUNAN KERETA CEPAT JAKARTA - BANDUNG (KCJB)

Nugroho, Bayu Seto (2023) PERAN TENAGA KERJA ASING (TKA) CHINA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA KERJA LOKAL DI KOTA BANDUNG MELALUI PENERAPAN ALIH ILMU PENGETAHUAN & TEKNOLOGI (IPTEK) PADA PROYEK PEMBANGUNAN KERETA CEPAT JAKARTA - BANDUNG (KCJB). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (15kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (64kB)
[img] Text
Abstrak 3 Bahasa.docx

Download (18kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx

Download (350kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)

Abstract

Globalisasi ekonomi dan meningkatnya kekuatan kompetitif ekonomi China telah memainkan peran yang dinilai sangat penting dalam mendorong perusahaan-perusahaan China guna memperluas investasi asing dan mempercepat transformasi mereka menjadi perusahaan global, khususnya di Indonesia ini. Kehadiran tenaga kerja asing merupakan suatu kebutuhan sekaligus tantangan yang tidak dapat dihindari seiring dengan memasuki era perdagangan bebas dan globalisasi yang semakin modern. Namun, kerjasama ini justru semakin membuat dominasi China dalam pasar domestik Indonesia semakin besar dan mengurangi eksistensi akan tenaga kerja lokal di Indonesia. Walaupun demikian, kehadiran mereka tentu diharapkan dapat memberikan pengalaman positif bagi tenaga kerja lokal serta menciptakan peluang kerja. Disisi lain, keterampilan tenaga kerja asing China pada PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melalui proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) memainkan perannya dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal khususnya di kota Bandung melalui adanya transfer pengetahuan dan teknologi serta adanya kegiatan distribusi alat atau mesin yang diimpor langsung dari China. Melalui adanya kegiatan tersebut, para tenaga lokal diharapkan dapat menyerap ilmu serta pemahaman melalui hadirnya beberapa alat atau mesin dari China tersebut. Dalam mengumpulkan data, penyusun menggunakan teknik pengumpulan studi kepustakaan serta wawancara terhadap pihak-pihak terkait. Kata Kunci : Alih Teknologi, Tenaga Kerja Asing China, Tenaga Kerja Lokal, Kualitas Tenaga Kerja, Kereta Cepat Jakarta - Bandung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:57
Last Modified: 21 Mar 2023 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62709

Actions (login required)

View Item View Item