PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

DWIFA JATNIKA RAMADHAN, 105060252 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.doc

Download (70kB)
[img] Text
lembar pengesahan, moto, abstrak, Kata Pengantar.doc

Download (162kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (37kB)
[img] Text
pemilik.txt

Download (92B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas IV masih banyak yang merasa kurang semangat dan cenderung diam ketika pembelajaran tematik dalam tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang cara mengefektifkan penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan sikap percaya diri di kelas IV SD Negeri Cibogor 02. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. PTK ini direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas menghasilkan hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa setiap siklusnya meningkat. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,34 sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II memperoleh skor rata-rata 3,42. Nilai aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh skor rata-rata 2,5. Sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 3,46. Sementara pada hasil penilaian terhadap rasa percaya diri siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 1,99 sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 3,29. Lalu pencapaian hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya meningkat. Data yang diperoleh mulai dari siklus I yakni 44,28 sedangkan pada siklus II memperoleh 83,71. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Discovery Learning, sikap percaya diri siswa pada pembelajaran tematik dalam tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku dapat meningkat. Kata Kunci : Metode Discovery Learning, Sikap Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Jul 2016 15:07
Last Modified: 26 Jul 2016 19:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6269

Actions (login required)

View Item View Item