KOMODIFIKASI STATUS SOSIAL SEBAGAI DAMPAK TAYANGAN SERIAL SQUID GAME (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Serial Squid Game)

Bahtiar, Mohammad Reza Fahlevi (2023) KOMODIFIKASI STATUS SOSIAL SEBAGAI DAMPAK TAYANGAN SERIAL SQUID GAME (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Serial Squid Game). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Komodifikasi Status Sosial Sebagai Dampak Tayangan Serial Squid Game” . Serial film yang menuai banyak pujian dari warga net karena mampu tampil beda dengan mengusung tema permainan anak – anak Korea Selatan yang dikemas dengan cara yang menarik sehingga mampu menarik perhatian banyak penonton di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna konotasi, makna denotasi, serta makna mitos terkait komodifikasi status sosial yang ada di dalam serial film Squid Game, serta kaitan serial Squid Game dengan realitas sosial masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori analisis semiotika milik Roland Barthes. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pada beberapa scene yang dipilih dari serial film Squid Game dan wawancara dengan 5 informan yang terdiri dari 2 informan praktisi, dan 3 informan kunci, pemilihan informan menggunakan teknik purposif sampel (teknik sampel bertujuan) hal ini dilakukan untuk menghindari adanya subjektivitas dari informan penelitian. Kata Kunci : Squid Game, Semiotika, Komodifikasi, Status Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:26
Last Modified: 20 Mar 2023 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62684

Actions (login required)

View Item View Item