TRANSFORMASI KEBIJAKAN LAYANAN E-OFFICE DI MASA TATANAN BARU PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SUMEDANG POLICY TRANSFORMATION E-OFFICE IN NEW NORMAL ERA IN THE LOCAL GOVERNMENT SECRETARIAT OF SUMEDANG REGENCY

Rika Kusdinar, NPM.189020007 (2023) TRANSFORMASI KEBIJAKAN LAYANAN E-OFFICE DI MASA TATANAN BARU PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SUMEDANG POLICY TRANSFORMATION E-OFFICE IN NEW NORMAL ERA IN THE LOCAL GOVERNMENT SECRETARIAT OF SUMEDANG REGENCY. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
RIKA_DIS.docx

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
Accepted-Rika et al_LOA.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity) di masa COVID-19 menuntut perubahan secara radikal yang melibatkan berbagai instrument pemerintahan seperti anggaran, integritas, kepatuhan, serta tata kelola dan kebijakan layanan. Penggunaan teknologi informasi dalam aktivitas pemerintah adalah salah satu bentuk implementasi dari kebijakan nasional melalui Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik. Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang telah merespon hal tersebut dengan penerapan kebijakan untuk peningkatan kinerja, pelaporan, melalui transformasi kebijakan layanan e-Office dalam tata laksana pemerintah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui transformasi kebijakan layanan e-office, serta untuk menganalisis strategi yang dilakukan untuk dapat mengefektifkan transformasi kebijakan layanan e-office dalam masa tatanan baru di Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Informan penelitian ini berjumlah 18 orang yaitu Bupati, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Para Kabag di lingkungan Sekretariat Daerah sebanyak 11 orang, Sekretaris Dinas komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (in-dept interviews), observasi dan studi kepustakaan. Triangulasi digunakan untuk validasi data dan model interaktif sebagai alat untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi kebijakan layanan e-office di Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang berjalan efektif walaupun terdapat faktor dari Instruments as institutions, politics of instrument, instrument of government yang tidak menunjukkan hubungan yang koheren antara wawancara, observasi, dan dokumentasi seperti advokasi kebijakan, tingkat kepercayaan, komitmen, kapasitas sumber daya manusia, dan kebutuhan. Instruments as institutions, politics of instrument, instrument of government akan berjalan efektif apabila dikuatkan dengan peran kepemimpinan adaptif. Pemerintah daerah membutuhkan kepercayaan yang lebih besar dari berbagai pihak jika transformasi ingin terjadi. Mengembangkan bentuk baru pelayanan internal (e-Office) bukan hanya proses rasional dan membutuhkan bentuk kepemimpinan yang lebih dari seperangkat alat dan kompetensi. Hal ini membutuhkan keyakinan dalam efek belajar jangka panjang. Sebuah perubahan akan muncul dari aparatur yang bekerja untuk mengubah dan menantang pola kerja lama dalam praktik nya. Inovasi membutuhkan pemodelan konseptual yang menyampaikan “keterhubungan” dan dapat membantu melalui kompleksitas faktor-faktor realitas. Kata kunci: transformasi, kebijakan, layanan e-Office, pemerintah daerah

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:04
Last Modified: 09 Mar 2023 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62563

Actions (login required)

View Item View Item