DAMPAK BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK DI MADRASAH AL-IKHLAS CIMAHI SELATAN

Putri Nadya Septiani, 182020004 (2023) DAMPAK BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK DI MADRASAH AL-IKHLAS CIMAHI SELATAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover skripsi Putri Nadya.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI PUTRI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata pengantar.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 .pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Putri Nadya Septiani, 182020004 “Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Di Madrasah Al-Ikhlas Cimahi Selatan” Program Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan Bandung, 2022. Bullying merupakan tindak kekerasan yang memiliki maksud untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara fisik, verbal, atau psikologis. Maraknya tindakan bullying pada siswa sangat mengkhawatirkan orang tua dan para pendidik. Karena Lembaga pendidikan dituntut tidak hanya untuk memberikan pengetahuan secara materi namun juga dituntut untuk membentuk karakter positif serta mencegah agar tidak terjadinya tindakan bullying atau perundungan. Setiap siswa diharapkan dapat mampu untuk saling menghargai terhadap semua orang dan pendidik diharapkan dapat membimbing siswanya dengan memanfaatkan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap siswanya. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mendeskripsikan, menggambarkan dampak bullying terhadap kondisi perkembangan psikososial anak di Madrasah Al-Ikhlas, bagaimana terjadinya bullying, dan faktor terjadinya bullying. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tindakan bullying yang terjadi di Madrasah Al-Ikhlas ini berupa tindakan bullying secara verbal. Faktor penyebab dari terjadinya bullying ini dikarenakan terdapat korban yang memiliki rasa percaya diri yang terlampau tinggi dan rasa percaya diri yang rendah. Dengan adanya tindakan bullying tersebut maka akan ada dampak yang dirasakan oleh korban, terutama pada kondisi psikososial mereka yang menjadikan korban anti sosial dan merasa takut terhadap teman sebayanya baik di lingkungan Madrasah maupun lingkungan bermainnya, sehingga korban menjadi lebih suka menyendiri. Terjadinya bullying di Lembaga pendidikan Madrasah Al-Ikhlas ini diharapkan para pembimbing dapat lebih memperhatikan dan dapat memberikan tindakan yang lebih bijaksana mengenai ejekan yang dilontarkan oleh para siswa karena hal tersebut secara tidak langsung merupakan tindakan bullying yang tidak disadari dan dapat berakibat bagi korbannya. Kata kunci : bullying, perkembangan, psikososial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:37
Last Modified: 06 Mar 2023 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62519

Actions (login required)

View Item View Item