FALIHA, MUFID DHIYA, 175010015 (2023) PEMANFAATAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian kualitatif pada Perserta Didik Kelas XII SMAN 2 Cikampek). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Mufid_Skripsi_UNPAS Bandung 2023 LULUS-1-1.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
20230206035114.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Mufid_Skripsi_UNPAS Bandung 2023 LULUS-1-5-6.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Mufid_Skripsi_UNPAS Bandung 2023 LULUS-1-15-21.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
Mufid_Skripsi_UNPAS Bandung 2023 LULUS-1-22-43.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
Mufid_Skripsi_UNPAS Bandung 2023 LULUS-1-44-48.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
Text
Mufid_Skripsi_UNPAS Bandung 2023 LULUS-1-49-60.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
Text
Mufid_Skripsi_UNPAS Bandung 2023 LULUS-1-61-62.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
Mufid_Skripsi_UNPAS Bandung 2023 LULUS-1-63-65.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya kebijakan pemerintah dalam proses pembelajaran di sekolah yang diakibatkan adanya Pandemi Covid-19, yang mengharuskan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui bagaimana menggunakan media google classroom pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran di kelas XII SMAN 2 Cikampek. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik dapat menerima materi dengan mudah dikarenakan mereka sudah terbiasa menggunakan media tersebut; (2) Peserta didik juga bisa mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dikarenakan media yang digunakan pada google classroom sangat bervariasi dan lebih berwarna sehingga dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Tetapi pada penggunaan media google classroom juga terdapat beberapa kendala yang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung yaitu: (1) Kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik dikarenakan terbatasnya waktu dan tempat yang tersedia; (2) Kurang stabilnya jaringan provider yang digunakan pada saat proses pembelajaran; (3) Tidak semua perangkat atau handphone yang digunakan peserta didik mendukung dengan proses pembelajran menggunakan media google classroom. Untuk mengatasi kendala yang terjadi salah satunya adalah: (1) Guru memberikan video pembelajaran yang dapat dilihat kembali oleh siswa untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran; (2) Sekolah memfasilitasi bagi siswa yang memiliki masalah dengan jaringan atau perangkat yang tidak mendukung. Kata Kunci : Pembelajaran daring, google classroom, Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 03:24 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 03:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62081 |
Actions (login required)
View Item |