PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 148 CIBADUYUT

TRIANSAH, SENDI, 185060055 (2023) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 148 CIBADUYUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya efektifitas hasil belajar siswa pada kelas III SDN 148 Cibaduyut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan efektifitas hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas III SDN 148 Cibaduyut Kota Bandung 2022/2023. Dari hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa efektifitas hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian supaya hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 148 Cibaduyut sebanyak 100 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas III C sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah penerapan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rata-ratanya untuk kelas eksperimen dari 66,80 menjadi 85,20 sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol dilihat dari nilai rata-rata terdapat peningkatan dari 61,60 menjadi 73,60. Berdasarkan hasil uji hipotesis diatas menggunakan rumus Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai Sig. Levene’s Test for Equality of Variances sebesar 0,640. Karena nilai Sig. 0,640 > 0,05 maka varians data antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yakni bersifat homogen atau sama. Sehingga tabel output di atas berpedoman pada nilai Equal Variances Assumed yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka sebagaimana dalam dasar pengambilan keputusan uji hipotesis Independent Sample T Test menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Efektivitas Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:24
Last Modified: 03 Feb 2023 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62065

Actions (login required)

View Item View Item