ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN (STUDI KASUS PADA KLINIK PRATAMA PANGSOR MEDIKA RANCAEKEK)

RIRIN MAHARANI INDARMI, NPM. 218020060 (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN (STUDI KASUS PADA KLINIK PRATAMA PANGSOR MEDIKA RANCAEKEK). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
RIRIN MAHARANI INDARMI_mmrs copy.docx

Download (104kB)

Abstract

Klinik Pratama Pangsor Medika Rancaekek mengalami penurunan kunjungan sebesar 17% dalam satu tahun terakhir. Penurunan kunjungan ini menyebabkan perlu adanya peninjauan terhadap strategi pemasaran karena selama ini strategi Klinik Pratama Pangsor Medika terfokus untuk meningkatkan kunjungan pasien dan dalam implementasinya rencana strategi yang ada belum diterapkan secara optimal dan monitoring juga tidak dilakukan secara kontinyu. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan Klinik Pratama Pangsor Medika Rancaekek. Analisis dilakukan menggunakan matrik EFE, matrik IFE dan matrik profil kompetitif serta dan dilanjutkan matrik SWOT kemudian matrik QSPM untuk menentukan strategi yang paling tepat, selanjutnya disusun perencanaan strategi dengan kerangka Balanced Scorecard. Dengan Balanced Scorecard, program kerja yang disusun dapat diukur dan dievaluasi dengan cepat dan mudah. Dari penelitian ini, peneliti merekomendasikan strategi diversifikasi dengan cara penetrasi pasar, antara lain dengan penyesuaian harga, peningkatan promosi, perbaikan kualitas produk (memperbaiki kualitas pelayanan di rumah sakit), diversifikasi atau taktik penetrasi pasar agar rumah sakit bisa masuk pasar baru dengan membuat produk baru yang sesuai dengan pasar tersebut dan mengadakan kerjasama dengan perusahaan lain untuk mempermudah penetrasi pasar. Kata Kunci : Balanced Scorecard , IE, Strategi pemasaran, kunjungan pasien, SWOT.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:24
Last Modified: 01 Feb 2023 08:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62045

Actions (login required)

View Item View Item