PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Cikampek)

KEMAL, MUSTAFA, 175020042 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Cikampek). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Abstrak Sunda.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) Bagaimana penerapan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Cikampek, (ii) Bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Cikampek, (iii) Seberapa besar pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Cikampek. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan sampel berjumlah 104 siswa XI IPS di SMA Negeri 2 Cikampek. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana melalui perhitungan skor rata – rata skor dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Adapun hasilnya sebagai berikut : (i) media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Cikampek menunjukan hasil yang baik dengan skor rata – rata 4,02 dengan persentase 80,22% ada pada kategori sangat baik, (ii) minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Cikampek menunjukan hasil yang sangat baik dengan skor rata – rata 4,06 dan persentase 81,29% ada pada kategori sangat baik, (iii) hasil regresi linier sederhana menunjukkan terdapat besar pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Cikampek. Dengan nilai R square 0,775. Dapat ditafsirkan media pembelajaran audio visual memiliki kontribusi sebesar 77,5% terhadap minat belajar. Penulis menyarankan kepada pihak – pihak terkait yakni : (i) Bagi peserta didik, lebih meningkatkan minat belajar peserta didik diperlukannya media pembelajaran yang menjadi fasilitas dalam pembelajaran, maka dari itu peserta didik diharapkan mampu memiliki sikap positif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran ekonomi sehingga memiliki hasil yang lebih baik dalam belajar; (ii) Bagi guru mata pelajaran, harus lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran pembelajaran yang tepat dan bervariatif, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik; (iii) Bagi sekolah, Media pembelajaran menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan kembali dan terus ditingkatkan oleh sekolah karena dapat menjadi salah satu faktor jika peserta didik memiliki minat belajar yang rendah ataupun ketika minat belajar sudah sangat baik menjadi tugas bagi sekolah untuk terus meningkatkan dan mempertahankannya; (iv) Bagi peneliti lain, dapat mengkaji dan mencari teori yang lebih banyak sebagai referensi yang akan berkaitan dengan penelitian ini, sehingga dapat menghasilkan penelitian yang lebih baik dari penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:34
Last Modified: 20 Dec 2022 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61926

Actions (login required)

View Item View Item