PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG

GUNTORO, DADANG SULISNO YUDO, 175020018 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Mengetahui kondisi lingkungan sekolah di kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Bandung. (ii) Tingkat motivasi belajar siswa di kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Bandung. (iii) besarnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Pasundan 2. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner dan Observasi. data diolah menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) 24 For windows. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (i) Berdasarkan Hasil analisis data menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut berdasarkan data yang dihitung pada bagian koefisiensi determinasi dengan nilai R sebesar 0,438 dengan besaran R Square hasilnya 24,1% yang artinya terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik dalam kategori “ rendah”. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh lingkungan sekolah sebesar 24,1% selebihnyan 75,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar pembelajaran yang tidak diteliti oleh peneliti. (ii) Hasil tersebut berdasarkan data yang dihitung pada bagian koefisiensi determinasi dengan nilai R sebesar 0,241 dan R Square sebesar 24,1% tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh (X) lingkungan sekolah terhadap (Y) motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 2 Bandung. Sebagai akhir dari penelitian, penulis nenyampaikan saran sebagai berikut : (i) bagi siswa, Diharapkan lebih bekerja sama untuk meningkatkan dan menjaga fasilitas lingkungan sekolah. Meningkatkan kesadaran yang lebih pentingnya untuk memiliki motivasi belajar. (ii) Bagi sekolah diharapkan untuk menjaga sekolah yang sudah baik dalam akreditasi maupun sarana prasarana dan juga komunikasi yang sangat baik. Motivasi belajar menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan dan terus ditingkatkan oleh sekolah. (iii) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji dan mencari teori yang lebih banyak sebagai referensi yang akan berkaitan dengan penelitian ini, sehingga dapat menghasilkanpenelitian yang lebih baik. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:35
Last Modified: 15 Dec 2022 01:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61918

Actions (login required)

View Item View Item