PENGARUH KOMPETENSI, KEPEMIMPINAN YANG BERWAWASAN WIRAUSAHA DAN KOMITMEN KEPALA DESA TERHADAP TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KEPALA DESA (SURVEY DI SELURUH DESA DI WILAYAH CIAYUMAJAKUNING)

Haris Fauzi, NPM. 199010034 (2022) PENGARUH KOMPETENSI, KEPEMIMPINAN YANG BERWAWASAN WIRAUSAHA DAN KOMITMEN KEPALA DESA TERHADAP TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KEPALA DESA (SURVEY DI SELURUH DESA DI WILAYAH CIAYUMAJAKUNING). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
artikel haris _MM.docx

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan yang berwawasan wirausaha dan Komitmen kepala desa Terhadap Tata kelola pemerintahan desa serta dampaknya terhadap kinerja kepala desa pada Desa di wilayah Ciayumajakuning. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala desa di wilayah Ciayumajakuning, dengan sampel sebanyak 312 responden. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah Cluster Proportionate Stratified Random Sampling. Skala pengukuran penelitian ini menggunkan skala likert. Pengujian instrumen data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis datanya adalah dengan menggunakan alat analisis SEM. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kompetensi, kepemimpinan yang berwawasan wirausaha, Komitmen dalam kriteria baik, dan tata kelola pemerintahan desa dan kinerja kepala desa dalam kriteria baik. Hasil penelitian secara parsial kompetensi, kepemimpinan yang berwawasan wirausaha dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap tata kelola pemerintahan desa, kemudian tata kelola pemerintahan desa berpengaruh signifikan terhadap Kinerja kepala Desa. Hasil penelitian secara simultan menyatakan bahwa kompetensi, kepemimpinan yang berwawasan wirausaha dan komitmen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tata kelola pemerintahan desa. Kata Kunci : kompetensi kepala desa, kepemimpinan yang berwawasan wirausaha, komitmen kepala desa, tata kelola pemerintahan desa, kinerja kepala desa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:06
Last Modified: 01 Dec 2022 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61772

Actions (login required)

View Item View Item