PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BALAI BESAR PELATIHAN KEMENTERIAN PERTANIAN PROVINSI JAWA BARAT

Ramadani Saputra, NPM. 159010047 (2022) PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BALAI BESAR PELATIHAN KEMENTERIAN PERTANIAN PROVINSI JAWA BARAT. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Ramadani Saputra_DIM.docx

Download (74kB)

Abstract

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara merupakan balai pelatihan yang ada di Provinsi Jawa Barat. Dalam melaksanakan kerjasama dengan stakeholders selalu berusaha memberikan pelayanan sesuai standar, akan tetapi terkadang pihak penyelenggara belum mampu mengakomodir permintaan mitra kerjasama yang sangat beragam, Tujuan dalam kajian ini adalah: (1) Apakah citra merek mempengaruhi kepuasan pelanggan (2) Apakah harga mempengaruhi kepuasan pelanggan Seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan variabel independen dan dependen. Variabel independen meliputi Citra merek (X1), harga (X2), dan kualitas pelayanan (X3), sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan (Y). Sumber data primer adalah pelanggan / stakeholders yang telah melakukan kerjasama dengan BBPP lembang dan BBPKH Cinagara selama 4 tahun terakhir. Pengumpulan data dilakukan dengan survey dan pengukuran menggunakan skala Likert. Instrument dalam pengumpulan data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Analisa yang digunakan adalan analisa deskriptif dan analisis verifikatif. Analisis verifikatif digunakan untuk menilai keabsahan sesuatu (pengetahuan) yang telah ada, atau dengan kata lain menggunakan data penelitian untuk membuktikan adanya suatu masalah dengan suatu pengetahuan tertentu. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis yang dilakukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel citra merek, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dapat diartikan bahwa pelanggan yang puas akan tetap setia kepada Balai Pelatihan Pertanian yang ada di Jawa Barat selama mereka puas dengan harga dan kualitas pelayanan. Kata kunci: Citra Merek, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Nov 2022 02:32
Last Modified: 26 Nov 2022 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61735

Actions (login required)

View Item View Item